Bupati Cantik NAn Elok Dari Talaud Kena OTT KPK

loading...




Hanya karena tas mewah dan berlian bupati cantik nan elok ini terkena OTT KPK


Bupati Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sri Wahyumi Maria Manalip terjaring operasi tangkap tangan (OTT) penyidik Komisi Pemberantaran Korupsi, Selasa 30 April 2019 pagi. Bupati cantik ini ditangkap lembaga antirasuah karena diperkirakan menerima gratifikasi berhubungan proyek di di Kepulauan Talaud.


Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarief menyinggung Sri Wahyumi dibekuk bareng sejumlah pihak yang diperkirakan melakukan transaksi suap.


"Terjadi transaksi berhubungan pengadaan atau proyek di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud,"ujar Laode ketika dikonfirmasi wartawan.


Laode menyinggung Sri Wahyumi menerima sebanyak beberapa hadiah dalam bentuk barang mewah laksana tas, jam maupun berlian.


"Diduga hadiah yang diserahkan berupa tas, jam dan perhiasan berlian dengan nilai berkisar ratusan juta rupiah," kata Laode.


Laode menambahkan penangkapan Sri adalah bagian dari pengembangan OTT sebelumnya pada Senin 29 April kemarin. Tim penindakan terlebih dahulu, menyelamatkan empat orang di Jakarta. Keempat orang tersebut telah berada di Gedung KPK Merah Putih.


Sementara, Sri yang baru dilaksanakan penangkapan masih sedang di Manado dan langsung bakal di bawa ke Jakarta hari ini pula.


"Mereka sedang dalam perjalanan ke kantor KPK di Jakarta," ujar Laode


Laode juga belum bisa merinci sesudah OTT yang dilakukan. Menurutnya menantikan penyidik KPK mengerjakan pemeriksaan terhadap semua yang diamankan.


"Untuk saat ini, informasi ini dulu yang dapat disampaikan. KPK diberi waktu maksimal 24 jam guna menilai kedudukan hukum pihak-pihak yang diselamatkan tersebut. Perkembangan proses ini lebih lanjut akan dikatakan pada Konferensi Pers di KPK," tutup Laode


Siapa sebenarnya Bupati Talaud yang cantik nan jelita ini. Berikut rangkumannya


1. Bupati wanita pertama di Talaud


Sri Wahyumi adalah perempuan pertama yang sukses menduduki kursi orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Talaud. Meski sebagai seorang perempuan, kemampuannya dalam memimpin wilayah sudah lumayan diakui.


Namanya kian populer. Sri Wahyumi Manalip yang dilahirkan 8 Mei 1977 tersebut dikenal sebagai bupati muda dan cantik. tidak sedikit orang mengenalnya dari penampilannya yang terlihat paling fashionable layaknya sosialita.


Pose cantiknya dan fashionable berhasil mendulang ribuan like dari warganet. Kecantikan Sang Ibu Bupati tampak di barisan foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya @swmmanalip.


Di sela kesibukannya, Sri Wahyumi diam-diam rajin memosting foto-fotonya di Instagram. Baik itu potret pribadi, maupun ketika berdinas sebagai orang nomor satu di Talaud. Tak lupa, foto-foto itu ikut dibubuhi komentar motivasi.


2. Maju dari partai gurem


Ketika mencalonkan diri menjadi kontestan pilkada dari koalisi Gerindra, PPRN, PPDI,tidak sedikit yang menebak Manalip dan pasangannya bakal terjungkal dengan mudah. Tapi toh, suratan takdir berbicara lain. Pasangan Sri Wahyumi Manalip dan Petrus Simon Tuange tampil mengejutkan dan meraup suara terbanyak masyarakat Talaud.


3. Hobi adventure


Meski wanita berparas cantik, tetapi Sri Wahyumi Manali dikenal memiliki kegemaran adventure. Hobi tersebut antara lain naik motor trail, jet ski, dan menyelam.


4. Pernah dibebastugaskan sementara sekitar tiga bulan sebagai bupati


Kasus ini berawal saat teguran dari Gubernur Sulawesi Utar Olly Dondokambey terhadap Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip pada 31 Oktober 2017 lalu. Manalip diperkirakan telah melanggar aturan dengan bepergian ke luar negeri tanpa izin gubernur dan Kementerian Dalam Negeri. Dari suatu postingannya, diketahui Sri Wahyuni Manalip pergi guna menghadiri International Visitor Leadership Program (IVLP).


Pada bulan Desember silam, tim Kemendagri menindaklanjuti laporan Pemprov Sulut dengan menurunkan tim penyelidikan dan verifikasi terhadap sangkaan pelanggaran tersebut. Kesimpulan dari tim Kemendagri, mengaku Bupati Kepulauan Talaud ditetapkan bersalah sebab kunjungannya ke luar negeri tidak memiliki izin atasannya.


Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulut pada 12 Desember 2017 menyebut andai Sri Wahyumi Manalip mengerjakan perjalanan ke Amerika Serikat pada 2017 tanpa izin Mendagri. Sehingga, menyimpulkan dan menetapkan membebastugaskan sementara Sri Wahyumi Manalip dari jabatannya sebagai Bupati Talaud, masa jabatan Tahun 2014-2019 sekitar tiga bulan terhitung semenjak tanggal ditetapkan.


5. Dapat Penghargaan


Sri Wahyumi sebelumnya pun termasuk kepala wilayah berprestasi. Ia sempat mendapat penghargaan Jaminan Kesehatan Award dari Kementerian Kesehatan RI.


Ia pun dianugerai gelar oleh Paku Buwono XIII sebagai Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Sri Wahyuni Maria Manalip Puspaningtyas.


6. Mutasi 305 Pejabat Setelah Pilkada


Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip kembali memantik kontroversi.Bupati cantik ini memutasi pejabat di Pemkab Talaud tak lama setelah Pilkada usai.


305 ASN esleon II, III dan IV di-nonjob-kan.Padahal sesuai UU melarang usai Pilkada, kepala daerah melakukan mutasi.


"Mutasi ini juga sudah dilarang oleh Mendagri tapi tetap dilaksanakan pada 19 Juli 2018, padahal surat Kemendagri keluar 18 Juli 2018," kata Jemmy.


Kasus ini membuat SWM kembali bersitegang dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


7. Terjerat operasi tangkap tangan KPK


Karier Sri Wahyumi Manalip akhirnya terdampar di tengah jalan. Dia kesudahannya harus berurusan dengan KPK karena diperkirakan menerima gratifikasi atau korupsi berupa berlian bernilai ratusan juta. Komisi Pemberantasan Korupsi masih belum memberikanpenjelasan leangkap soal permasalahan yang menjerat Manalip ini.


Sumber
loading...

1 Response to "Bupati Cantik NAn Elok Dari Talaud Kena OTT KPK"