Kriteria Pemimpin Terbaik,Bagaimana Dengan Pemimpin Kita ??

loading...





Kriteria Pemimpin Terbaik, Sudahkah Pemimpin Kita Memenuhinya?


Seorang ustaz dalam tausiyahnya menyebutkan bahwa kepemimpinan itu terbagi dalam tiga hal, yaitu lingkup personal, keluarga, dan negara. Lingkup personal adalah meliputi diri sendiri, kita tentu tahu, bahwa apa saja yang dilakukan oleh anggota gerak badan kita ini esok akan dimintai pertanggungjawabannya.


Sedangkan kepemimpinan dalam lingkup keluarga ini lebih terletak pada kepala keluarga, di mana seorang kepala keluarga memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya, seperti mendidik, menjaga, melindungi, dan sebagainya yang berkaitan dengan kewajiban lahir maupun batin keluarga.


Sedangkan kepemimpinan dalam lingkup negara adalah seorang pemimpin negara, di Indonesia adalah presiden. Pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas rakyatnya. Lalu, apa saja kriteria pemimpin terbaik secara umum?


Kriteria pemimpin terbaik yang pertama, tentu adalah ia harus takwa kepada Tuhan-nya. Apa pun keimanan yang dia anut, tentu ia harus memiliki iman dan takwa kepada Tuhan agar ia takut melakukan tindak tidak baik terhadap negara dan mampu menjalankan apa yang diamanahkan dengan sebaik mungkin.


Kedua, kriteria pemimpin terbaik yang harus dimiliki adalah sifat yang berbudi pekerti luhur. Contohnya saja tanggung jawab; lebih mengedepankan musyawarah mufakat; memiliki jiwa yang adil; tidak membebani orang lain atau bisa disebut juga dengan adanya tampuk kepemimpinan di tangannya, ia mampu memberikan kemudahan kepada rakyatnya; amanah; serta taat dan mampu menjadi contoh yang baik untuk rakyatnya.


Namun, zaman ini, tentu sangat sulit mencari pemimpin dengan keseluruhan kriteria tersebut. Seharusnya, seorang pemimpin itu memiliki inisiatif yang tinggi, rendah hati terhadap siapa pun, arif, dan mengabdi sepenuhnya kepada rakyat. Karena di Indonesia khususnya, yang harus diperhatikan dengan seksama dan harus menang adalah rakyat bukan kelompok kalangan tertentu. Dengan begitu, negara yang damai, aman, tentram, dan seimbang dapat tercapai.


Kriteria pemimpin terbaik harus memiliki kerja nyata ketimbang mengumbar janji yang tiada terbukti untuk rakyat. Karena rakyat sekarang ini membutuhkan kerja yang nyata, yang benar-benar bisa menjadi panutan masyarakat. Visi misi mereka harus jelas. Mereka mau berbuat apa untuk negara yang mereka pimpin.


Pemimpin yang baik juga haruslah untuk merakyat agar bisa merasakan empati terhadap penderitaan rakyat dan mampu memberikan program yang tepat untuk membantu mereka. Bukan hanya bisa dan mengumbar janji tetapi tidak ada kerja nyatanya. Kerja nyata tidak harus dibarengi dengan sesumbar karena yang dibutuhkan adalah realisasi.


Terakhir, kriteria pemimpin terbaik-nya adalah mampu mengayomi rakyat. Bukan hanya mengayomi pihak atau golongan tertentu, tetapi semuanya ia rangkul. Ia ayomi agar tidak terjadi kontra walaupun pada kenyataannya, kontra itu akan tetap ada. Namun, sebagai pemimpin yang baik, memiliki sedikit sifat di atas adalah mutlak. Dan kita sebagai rakyat haruslah tahu, bahwa apa yang saya sebutkan di atas bisa menjadi landasan kita untuk memilih seorang pemimpin.

loading...

0 Response to "Kriteria Pemimpin Terbaik,Bagaimana Dengan Pemimpin Kita ??"

Posting Komentar